Gagal Itu Santai

Selamat pagi, siang, sore, petang, malam, dini hari, dan seterusnya. Pokoknya halo buat kalian semua. Udah dua minggu gue gak ngeblog disini. Bisa dibilang lama. Ibaratnya rumah nih, ya, kalo misalkan blog gue ini kayak rumah terus ditinggalin selama dua minggu, pasti ketika balik lagi ke rumah itu, rumahnya udah kotor. Maka dari itu, sebelum gue melanjutkan tulisan ini, izinkanlah gue untuk bersih-bersih blog gue dulu biar gak kotor kayak rumah yang ditinggal dua minggu.

*nyapu*

*ngepel*

*nunggu kering lantai habis dipel*

*lantai udah kering, lanjut bersih-bersih kaca*

*mandi, soalnya gerah habis bersih-bersih*

*balik lagi ngetik*

Oke, udah selesai bersih-bersihnya. Jadi, ada alasan kenapa gue gak ngeblog selama dua minggu ini. Pertama, karena gue lagi fokus untuk ikutan lomba vlog dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Lombanya adalah membuat sebuah video di YouTube gitu. Supaya hasilnya maksimal, maka dari itu gue fokus untuk membuat video itu dulu.

Gue bikin video yang berdurasi lima menit dengan persiapan yang sangat matang, membuat skrip, baca skrip terus diubah-ubah lagi, lalu baru shoot. Ya, seperti sebuah film yang membutuhkan persiapan matang. Alhasil, Alhamdulillah, gue bisa memenangkan lomba vlog itu menjadi pemenang mingguan. Hadiahnya juga gak nanggung-nanggung, yaitu Xiaomi Yi Cam. Itu adalah barang pertama yang menurut gue lumayan wah tetapi bisa gue dapetin secara cuma-cuma.

Setelah memenangkan itu, gue aslinya mau nulis blog lagi. Tapi, baru juga mau buka Word, gue buka email dulu, gak taunya gue diwajibkan untuk ikutan kompetisi video Grand Final dimana pemenangnya Juara 1, 2, dan 3 bisa terbang ke Raja Ampat. Gue pun ikutan dan membuat sebuah video sama dengan video sebelumnya teknik-tekniknya. Persiapan secara matang. Berikut adalah salah satu foto dalam video kompetisi vlog Grand Final.

Akan tetapi, pertama upload video gue kurang dari 3 menit. Untuk kompetisi video Grand Final, harus 3 menit dan maksimal 3 menit lewat 10 detik. Gue pun bikin video lagi untuk menambahkan durasi yang kekurangan. Buat kalian yang mau tahu video gue dalam kompetisi vlog ini kayak gimana bisa liat aja di Youtube gue, youtube.com/ilhamkape.

Hasilnya, gue gak jadi juara yang bisa pergi ke Raja Ampat. Tapi, Alhamdulillah, gue bisa jadi Juara 2 Favorit. Yang gue liat-liat, sih, dari info lombanya, juara favorit Grand Final ini akan mendapatkan Xiaomi Yi Cam. Jadi, tau lah kira-kira gue bakalan dapat apa.

Kurang lebih tiga minggu yang lalu, gue juga mencoba untuk menulis sebuah essai. Gue menulis essai itu bukan karena sedang bosan atau untuk mengisi waktu luang melainkan untuk ikutan acara Parlemen Remaja 2017. Gue pun menulis essai itu selama satu malam seperti lagu cinta. Cinta satu malam.

Singkat cerita, beberapa hari yang lalu diumumkan siapa yang lolos seleksi untuk mengikuti Parlemen Remaja 2017 ini. Dan, gue gak lolos seleksi. Ada kekecewaan pada diri gue. Dalam kompetisi vlog, gue gak bisa jadi juara 1 dan dalam seleksi Parlemen Remaja 2017 gue gak lolos.

Untuk Parlemen Remaja 2017, menurut gue sih wajar karena saingan gue cukup banyak, eh, banyak banget, deh. Sebanyak 6000 orang lebih yang mendaftar dari seluruh siswa SMA di Indonesia dan yang keterima cuma empat orang setiap provinsinya. Gue sempet down ketika tahu bahwa gue gak lolos seleksi Parlemen Remaja ini dan gue gak bisa menang juara 1 lomba vlog.

Gue akhirnya buka twitter mencari motivasi. Dan gue menemukan twit-nya @takdos, yaitu Adis. Gue tahu dia dari blognya whateverbackpacker. Ada sebuah twit tentang kegagalan. Setelah membaca twit itu, akhirnya gue pun menerima kegagalan gue ini, yaitu gagal lolos juara 1 kompetisi vlog dan gagal jadi peserta Parlemen Remaja 2017.

Dari twit Adis itu, gue menyimpulkan bahwa gak apa-apa kita gagal. Selagi muda, banyakin coba ini itu, bebas. Selama itu masih positif, lanjutin aja. Walaupun misalkan nanti lo gagal, no problem. Karena lebih baik lu pernah gagal daripada lo gak pernah nyoba sama sekali. Sekian.

22 comments:

  1. Selamat pagi, Mas Ilham..

    Ikut senang atas pencapaiannya ya, Mas, semoga lomba-lomba kedepannya bisa memang lagi. Itu, yi camnya bisa digunakan buat foto2..he

    Gagal itu menang yang tertunda, Tuhan punya rencana yang lebih indah ya, Mas, terus semangat dan jangan lupa terus berbagi dan menginspiras lewat blog ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, juga. :D

      Terima kasih hehe. Untuk video juga bisa, kok. :)

      Iya, skenario Tuhan adalah skenario yang terbaik. Dibalik kegagalan pasti ada kemenangan yang sudah dipersiapkan. :)

      Delete
  2. wah hebat mas, bisa menang lomba vlog. saya aja belum berani buka vlog, soalnya masih malu-malu ngerekam diri sendiri kayak gimana.

    Hadapi dengan bersyukur mas, saya aja sering kok gak menang lomba blog dan semacamnya.Kalau dihitung dari sekian banyak lomba dari 2016-2017, saya baru bisa menang sekali itupun tingkat lokal aja. Tapi esensi dalam sebuah perlombaan bukan hanya menang dan kalah aja mas, tapi bagaimana bisa menerima hasil dan menjadikannya pelajaran untuk langkah selanjutnya.

    keep it up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gue udah terbiasa soalnya kan dulu sering buat video-video gitu. Hehe.

      Wah iya, bener juga, nih. Setuju gue hehe. Semangat! Semangat! Semangat!

      Delete
  3. Terakhir kesini sih masih ilhamkusumaning.com kayaknya. Sekrang upilgaul.com. Membahas domain, ini aneh sih. Upil kekinian nih.

    Sayang banget ngga lolos, tetap semangat gengz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upilnya biar gaul. :)

      Semangat juga, gengs!

      Delete
  4. HAI ILHAM!

    Ah, gagal itu biasa dan emang harus dibiasakan. Biasa jadi gagal, karena itu tandanya kita terus berusaha. Itu juga lo lumayan banget bisa jadi juara 2 favorit dan tetep dapat hadiah.

    Gue setuju banget sama lo. Mumpung masih muda, lo punya banyak waktu untuk ini dan itu, eksplorasi diri lo seluas luasnya karena suatu saat lo nggak akan bisa kayak gini lagi. USE YOUR TIME WISELY!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAII.

      Iya, kita harus terbiasa menerima kegagalan. Lebih baik pernah gagal daripada gak pernah nyoba. Iya, hehe. :)

      SIAAAPP!!

      Delete
  5. Kamu taahhh yang kemarin menang lomba vlog DJPU. Selamat ya. Walaupun baru menjadi pemenang mingguan, dan belum berhasil di babak selanjutnya, semoga tetap jadi motivasi terbaik.

    Btw, aku juga betah banget lho baca tweet tweet nya takdos. Samaan kalo gitu.

    Tosss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hehe. :)

      Toss, deh. Tulisannya keren, bukan orangnya, ya. :D

      Delete
  6. gile, dua minggu ga ngeblog aja lu berasanya udah lama gitu ya. gimana kabar gue, yang pernah engga nulis blog berbulan-bulan. hina banget.

    wih congrats men, buat kemenangannya. setuju sama kata adis, emang harus banyakin nyoba. satu atau dua kali ga menang, bukan berarti lu ga sukses. santai aja. mungkin dari sini lu bisa belajar lebih banyak untuk nulis skrip atau bikin video jdi lebih bagus lagi. semangat cuy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena udah sering ngeblog, bang, kemarin-kemarin. :D

      Thankss, broh! Iya, benar sekali. Semangat juga cuy! :)

      Delete
  7. menurut gw, walaupun lo menang jd favorit 2 dapat yi cam harus bersyukur. kan sainganmu juga banyak pula se indonesia, lomba vlog dr direktorat jendral perhubungan udara itu udah tingkat nasional jd layak di bilang Kereeennn :) heheheeee bw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga, sih, hehe. Terima kasih sebelumnya. Semangat juga, ya, buat lo! Semoga bisa menang juga. :)

      Delete
  8. Saya tauuu lomba ituuu ham. Salah satu mentor blog populer jg ikut lomba itu. Ga tau tuh menang ngga nya.
    Tpi segitu itu mnurut saya udah keren loh. Saya klo ikutan blm tentu menang. Apalagi kategori vlog.. hhhh... Apalah daya.
    Pernah jg pas sesi sharing dgn blogger senior yg sering menang lomba... Mereka bilang sebenarnya mereka jarang menang kok. Dari total lomba yg mereka ikuti ada yg ga nyampe 10 % yg mereka menangkan. So, yg penting semangat mencoba dan semangat berkaryanya yg diutamakan.
    Maju terusss yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada mentornya, ya. Kayaknya sih menang. Kayaknya.. :D

      Waduh, gak nyampe 10%, ya. Emang sih, kita harus bener-bener semangat. Jangan pernah semangat kita berhenti karena gagal. SEMANGAT JUGA YAA!! :)

      Delete
  9. Meskipun gagal meraih juara 1 tapi ilham keren lho nyangkut juara favorit. Harus disyukuri. Kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda kan? Semangaat ya. Ayo ngeblog lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kak. Terima kasih. Semangat juga yaaa! :)

      Delete
  10. Kita belajar dari kegagalan. Jarang sekali pertama mencoba langsung sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat-sangat jarang. :) Harus semangat!

      Delete
  11. Semangat..
    Walaupun ngak dapat juara 1 untuk vlog dan ngak lolos untuk esainya, yang penting kan kamu udah mencoba.. Itu sudah beberapa langkah bagus..
    Emang harus gitu, selagi masih muda harus banyak mencoba.. Gak usah takut gagal.. Semangat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAP! Bener sekali, gue setuju. Semangat juga, ya! :)

      Delete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)