Makin Produktif dan Kreatif Bersama ASUS EeeBook E202


Beberapa waktu lalu tepatnya seminggu yang lalu, gue baru aja menunaikan ibadah bagi pelajar di akhir semester, yaitu Ulangan Kenaikan Kelas atau yang sekarang disebutnya adalah PAT (Penilaian Akhir Tahun). Ya, agak terdengar aneh namanya. Sampai-sampai ada driver ojek online yang memasalahkan nama itu, padahal dia gak ikut untuk ujian tapi malah permasalahin namanya.

Berbeda dari tahun lalu yang ujiannya secara online, PAT tahun ini sekolah gue menggunakan kertas. Ada beberapa dugaan gue kenapa ujiannya kembali lagi menggunakan kertas. Pertama, karena guru-guru sudah tahu strategi murid-murid menyontek, yaitu dengan menggunakan google #PENGALAMAN hehe. Kedua, karena guru-guru juga belum terlalu mahir untuk membuat sebuah soal online.

Padahal di era globalisasi sekarang ini, teknologi sangat lah di-nomor satu-kan. Segala macam bentuk kegiatan sudah menggunakan sistem online. Gue gak kebayang gimana nanti mudahnya kita di masa depan untuk melakukan sesuatu karena semakin hari semakin berkembang saja.

Walaupun PAT kali ini menggunakan kertas tetapi ada keuntungannya juga, sih, buat gue karena kalo secara online, seluruh murid diwajibkan untuk membawa laptop dan gue adalah salah satu anak yang paling males disuruh bawa laptop. Soalnya, laptop gue berat dan ukurannya lumayan besar.

Apalagi ketika misalnya ada tugas presentasi, gue amat sangat anti untuk membawa laptop karena berat dan besar. Pasti, setiap gue bawa laptop, ada beberapa buku yang gak gue bawa supaya gue ke sekolah gak bawa tas yang berat-berat amat.

Tenang, Pe. Aku ada saran, nih, buat kamu biar gak malas lagi bawa laptop karena berat dan ukurannya besar.
Loh? Siapa yang ngomong, tuh?
Aku, laptop kamu, yang sedang kamu gunakan untuk menulis ini.
Kamu bisa bicara? Sejak kapan?
Ah, sudahlah. Itu tidak penting. Yang penting adalah aku punya saran untuk kamu, nih.
Baiklah kalau begitu. Apa sarannya?
Aku ada saran bahwa ada produk dari ASUS, yaitu notebook yang berukuran seperti kertas A4.
Hah? Seukuran kertas A4? Seriusan? Wah, kayaknya menarik, nih, laptopku. Coba dong bahas secara rinci, ya. Aku jadi penasaran karena dari ukurannya aja, mungkin bisa-bisa aku bawa setiap hari itu notebook.
Pastinya. Apalagi kamu hobi nulis, kamu bisa nulis dimana aja pakai notebook ini.
Ya sudah, cepat jelasin. Tadi katanya mau jelasin notebook itu.
Baiklah, aku jelasin, deh, secara detail.

***

Siapa sih yang gak kenal dengan nama ‘ASUS’? Apa yang ada di dalam benak kalian ketika kalian mendengar kata ‘ASUS’? Pasti komputer bukan? Atau laptop? Atau notebook? Atau handphone? Sudah banyak orang yang menggunakan produk dari Asus termasuk yang punya blog ini, handphone-nya adalah produk dari ASUS.

Karena sudah terkenal di kalangan masyarakat, ASUS tak henti-hentinya mengeluarkan produk terbaru. Akhir-akhir ini, sih, Asus baru mengeluarkan sebuah PC yang mempunyai spesifikasi sangat canggih. Sayangnya, produk tersebut belum sepenuhnya hadir di Indonesia. Baru beberapa orang saja yang bisa menggunakannya.

Tapi, kali ini bukan untuk membahas PC yang baru keluar itu. Melainkan ingin membahas sebuah notebook yang mudah untuk dibawa kemana-kemana dengan spesifikasi yang sangat canggih dimana kalian bisa semakin produktif dan kreatif, ASUS E202.

ASUS E202 adalah sebuah notebook yang dikeluarkan oleh ASUS dimana ukuran notebook itu adalah 193 x 297 mm atau hanya sekitar ukuran kertas A4. Lebih kecil dari A4 malah. Selain itu, berat dari notebook ini juga sangat ringan, hanya 1.21 kg. Buat kalian yang mau bawa notebook ini, mungkin gak mikir dua kali apakah berat atau tidak. Langsung bawa aja.

Notebook yang menggunakan OS Windows 10 dan juga DOS ini juga terdapat dalam beberapa varian warna yang memukau yang bisa kalian pilih sesuai selara kalian atau untuk mengekspresikan bagaimana diri kalian. Beberapa warna tersebut adalah Black, Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Red Rouge.

Dengan desain yang sangat elegan ini, ASUS E202 menggunakan Intel® processor hemat daya dimana daya tahan baterainya dapat bertahan lama sampai 8 jam. Jadi kalian tak perlu repot-repot untuk mengisi ulang baterai setiap jamnya. Walaupun bisa bertahan lama sampai 8 jam, ketika baterai habis juga bisa diisi ulang dengan cepat melalui port USB 3.1 Type-C.

Selain itu ada juga kelebihan USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, seperti USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11 kali dibandingkan USB 2.0.

Memang sih ukuran notebook ini bisa dibilang sangat minimalis tetapi ASUS E202 tetap memiliki dukungan beberapa USB port, sebuah micro HDMI port, dan slot MicroSD yang bisa membuat kegiatan kalian lebih mudah dan efisien seperti untuk mentransfer data dari handphone ke notebook.

Seperti kalian sedang menyentuh layar smartphone saat ini, itu lah touchpad yang dimiliki oleh ASUS E202, sangat responsif dan juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu juga ukurannya 36% lebih besar dibandingkan touchpad pada laptop umumnya yang berukuran 11.6 inci.

Untuk keyboard, ASUS E202 memiliki keyboard yang sangat nyaman untuk digunakan. Dengan desain one-piecce chiclet keyboard membuat penggunanya mendapatkan pengalaman mengetik yang berbeda. Jarak antar keyboard yang hanya 1.66mm membuat pengetikan semakin nyaman, bahkan tahan sampai 10 juta kali pengetikan. Jangan dibayangkan akan mengetik apakah itu 10 juta kali. Bila kalian membuat cerita, mungkin bisa jadi puluhan buku.

ASUS E202 juga didukung dengan Intel® processor terbaik yang memberikan kapasitas performa dalam menggunakannya khususnya pada saat kita sedang browsing, menonton video, pengetikan dan untuk kegiatan sehari-hari lainnya.

Buat kalian yang suka browsing atau menggunakan internet, ASUS E202 ini memilki teknologi Wi-Fi terbaru, yaitu 802.11ac yang memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat dibandingkan 802.11n. Sangat cocok untuk kalian yang tak bisa jauh dari internet atau kalian yang suka download dan streaming video.



Terdapat teknologi canggih yang dimiliki oleh ASUS E202, yaitu teknologi ASUS Splendid dengan system vivid, dimana akurasi warna dapat secara otomatis disesuakian dengan display setting optimal untuk semua gambar yang kalian punya. Hasil yang lebih tajam, warna yang lebih dalam, membuat tampilan menjadi luar biasa baik pada saat kalian sedang menonton video atau film, atau ketika kalian sedang melihat foto-foto yang dipunya.






Bila sedang menggunakan laptop pasti kalian suka bosan bukan? Salah satu hal yang dilakukan ketika bosan biasanya adalah mendengarkan musik. ASUS E202 memiliki fitur 2 kualitas audio terbaik. Terdapat speaker yang menghadap depan yang dapat langsung kalian nikmati dengan baik untuk video dan musik setiap harinya. Selain itu, dengan teknologi ASUS Sonicmaster yang dikolaborasikan dengan ASUS Golden Ear team, menciptakan sebuah teknik engineering dengan software yang berguna untuk menghasilkan suara yang berbeda dari kebanyakan laptop yang ada pada saat ini. Suaranya lebih dalam dan bersih, walaupun volume suara yang tinggi.

ASUS E202 juga dilengkapi dengan fitur ASUS Cloud Service, yaitu ASUS WebStorage yang sangat nyaman untuk mendukung kegiatan kalian. Dengan penawaran khusus, kalian bisa mensikronisasi semua data baik presentasi bisnis, tugas-tugas kuliah atau sekolah, sampai album foto dan konten multimedia kalian. Setiap notebook pasti terdapat 16GB WebStorage gratis untuk satu tahun.




Dengan desain minimalis namun sangat elegan dan juga tipis dan fanless, ASUS E202 memiliki suara bising yang sangat kecil. Sangat cocok digunakan di tempat yang tak boleh berisik seperti di perpustakan. Atau, bila kalian ingin men-download dokumen atau film atau musik semalaman, tetap aman.






***

Gimana, Pe? Udah lengkap belum?
Spesifikasinya dong, biar lebih lengkap.
Oke, sebentar, uhuk uhuk.
Loh, laptop? Kok kamu batuk?
Maklum, faktor U.
Emangnya kamu umurnya berapa?
Tak penting. Aku kasih tahu spesifikasi notebook ASUS E202, ya.
Hmm.. Baik lah.

***

SPESIFIKASI ASUS E202



Prosesor
Intel® Celeron® Dual-Core N3050 Processor, 2.16 GHz
Sistem Operasi
DOS
Chipset
Integrated Intel® CPU
Memori
DDR3L 1600 MHz SDRAM, OnBoard Memory, OnBoard Memory 2 GB
Display
11.6” 16:10 HD (1366x768)
Grafis
Integrated Intel® HD Graphics (Pentium & Celeron)
Storage
7mm SATA3
- 500GB HDD
Card Reader
Card Reader (Micro SD)
Kamera
HD Web Camera
Networking
Terintegrasi 802.11 ac
Built-in Bluetooth™ V4.0
Interface
1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
1 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x USB-C Gen 1 (up to 5Gbps)
1 x micro HDMI
Audio
Built-in Speakers And Digital Array Microphone
Baterai
3 Cells 48 Whrs Polymer Battery
Adaptor Daya
Output:
19 V DC, A, 33 W
Input:
100 – 240 V AC, 50/60 Hz universal

***

Sudah, Pe. :)
Terima kasih, nih, atas infonya. Oh iya, berapa memangnya umur kamu?
Mungkin 30 atau 50 tahun lebih tua dari kamu.
Wow. Sangat tua sekali kau, laptopku. Maaf bila aku tadi dengan mudah memanggil aku-kamu saja. Seharusnya aku memanggilnya mbah atau bapak.
Halo, laptop. Kok gak jawab?
Laptop?
Sudah, tak usah dipermasalahkan. Silahkan lanjutkan tulisanmu ini. Aku mau tidur.
Baik lah, selamat tidur, laptop.

Satu kata yang terlintas dipikiran gue setelah tahu lebih dalam tentang ASUS E202 adalah ‘WOW’. Ya, mendengan ukurannya aja gue udah langsung nebak pasti notebook itu sangat lah canggih dan ternyata itu benar.

Bagaimana seandainya lo bisa memiliki notebook itu?

Waduh, kalo gue ditanya seperti itu, sih, susah untuk gue tulis karena pasti banyak banget yang mau gue lakukan. Dan pastinya, gue sebagai blogger yang pasti gak jauh-jauh dengan laptop, sangat mebutuhkan ASUS E202. Karena gue orangnya suka berharap walaupun terkadang apa yang diharapkan gak terjadi, jadi bakalan gue tulis apa sih yang akan gue lakukan ketika mempunyai ASUS E202.

Pertama, dengan desainnya yang tipis, gak lebar dan ringan, akan lebih sering gue bawa ASUS E202 itu dibandingkan sama laptop gue sekarang yang berat dan lebar, yang membuat gue malas untuk membawanya. Kenapa gue akan lebih sering bawa? Karena hobi gue menulis, di setiap tempat itu rasanya tangan gue gatel mau gue garuk menulis kayak misalnya lagi di mobil gitu. Jadi, supaya gue lebih produktif dan kreatif, akan lebih sering gue bawa notebook ASUS E202 untuk mengapresiasi hobi gue.

Kedua, gue akan selalu siap bila ada tugas presentasi di sekolah dan bila disuruh membawa laptop. Dengan teknologi yang canggih di dalam notebook ASUS E202, mungkin akan memudahkan gue untuk lebih produktif dalam mengerjakan tugas sekolah berbentuk presentasi atau yang lain.

Ketiga, sering ke tempat nongkrong yang ber-Wi-Fi. Siapa sih yang gak suka sama suatu tempat yang ada Wi-Fi-nya? Jangan sok-sok-an jawab enggak suka, deh. Dari anak-anak sampai remaja pasti suka dengan tempat yang ber-Wi-Fi, begitu pun gue. Apalagi, bila gue memiliki notebook ASUS E202, gue akan lebih sering ke tempat ber-Wi-Fi untuk sekedar menulis atau men-download film, musik atau video. Maklum, di ASUS E202 ada teknologi Wi-Fi yang kecepatannya lebih cepat dari laptop biasanya.

Keempat, gue mau download beberapa software penting untuk gue berkreasi seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Sony Vegas, Final Draft dan beberapa software penting dalam dunia kreatif. Tak lupa juga gue mau download game online yang gak bisa dimainin di laptop gue sekarang.

Kelima, semoga harapan gue dapet notebook ASUS E202 terwujud, hehe.

Mungkin lima aja yang gue tulis apa yang gue harapkan bila memiliki notebook ASUS E202. Gak mau banyak-banyak karena kalo berharap banyak, harus siap kecewa banyak. Dan untuk saat ini, gue belum siap untuk kecewa. :)

Buat kalian yang suka sangat berminat dalam bidang kreatif seperti gue, notebook ASUS E202 sangat lah membantu kalian dalam membuat karya. Selain itu juga bisa membuat kita semakin produktif karena sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. So, terus berkarya, kreatif dan tetap produktif!

Tulisan ini diikutseratakan dalam Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com. Buat kalian yang belum ikutan, yuk langsung aja sebelum tanggal 22 Juni 2017.

28 comments:

  1. Kayaknya laptop lo udah minta dipensiunin deh, makanya dia nyaranin buat ganti pake Asus E202... Emang nih Asus yang ini speknya lumayan buat sehari-hari, apalagi berat & ukurannya itu yg enak buat dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, laptop gue udah sadar diri. :D

      Sumpah, ASUS E202 ini menurut gue sangat bagus dari spesifikasinya dan ukurannya. :)

      Delete
  2. Satu kata dari liat review tentang Asus E202 yaitu WOW.
    WOW banget sih spesifikasinya. Ini laptop gua pake Asus. Emang sih Asus itu pilihan paling aman buat dipake kalangan remaja. Simpel, tapi elegan dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali. ASUS gak henti-hentinya ngeluarin produk yang bagus juga. Simpel dan elegan. :)

      Delete
  3. Duhh.
    bos ane beli nih notebook, ane mupeng gan pas setting printer hadiah dari pembelian notebook.
    Emang keren gan notebooknya..

    ReplyDelete
  4. hahaha lucu banget pake ngajak ngobrol segala itu laptop

    ReplyDelete
  5. Wah keren juga notebook ini, kecil tapi mumpuni, speknya juga lumayan bagus, harganya bersahabat pula. By kangamir dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, simpel dan elegan. Harganya bersahabat. Itu lah ASUS. :D

      Delete
  6. nah , bentuknya slim ya bisa mudah dibawa2 kemana2 , dan sip lengkap ceritanya

    ReplyDelete
  7. Aku udah jadi user ASUS sejak tahun 2013 lalu dan laptop yang ku gunakan sekarang dalam menulis komentar ini, masih tetap terjaga dan awet. Menurutku memang ASUS mengalami perkembangan yang pesat setiap tahunnya dan menciptakan performa yang terus meningkat, jadi wajar saja bila muncul produk-produk terbaru yang memiliki performa prima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali. Itu lah salah satu kehebatan ASUS. Gak henti-hentinya mengeluarkan produk terbaru dengan spesifikasi yang lebih baik. :)

      Delete
  8. Terima kasih ya sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck.

    ReplyDelete
  9. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Setuju gue sama lo. :)

      Delete
  10. Asus E202 memang keren, spesifikasi lengkap, warna mempesona dan harga pas di dompet. Kalau saya senang banget sama warna putih, kece abis.... semoga kita dapat satu2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga kita dapat, ya. Aamiin.

      Delete
  11. Buat ane tidak perlu meragukan kualitas laptop ASUS, murah tapi spesifikasi yang ditawarkan bukan murahan, ada yang lebih murah dan bagus dari ASUS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut gue sih, ASUS masih paling murah dengan spesifikasi yang bagus. :)

      Delete
  12. Apapun profesinya, notebook Asus E202 sangat cocok untuk menunjang aktivitas ya... Good luck buat lombanya. Eh BTW saya juga ikutan loh, kuylah kepoin blog ndeso saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, ASUS memang keren, deh! Semoga kita bisa menang, yaa. Aamiin.

      Delete
  13. artikelnya menarik sob 👍

    salam kenal

    ReplyDelete
  14. Harganya kisaran berapa itu bro??

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)