Nyontek

"Ilham, kamu ngapain?" tanya guru gue.

"Enggak, pak," jawab gue panik.

"Kamu nyontek ya?"

"Enggak, pak. Kalo nyontek jawaban temen saya pasti udah saya tulis, pak."

"Kamu nyontek. Saya lihat kamu nyontek."

"Enggak, pak. Enggak keliatan pak jawabannya, jadi bukan nyontek."

"Sudah nilai kamu saya kurangin satu."

"Tapi, pak, kan enggak keliatan pak."

"Kurangin satu. Misalkan bener 6 kurangin 1 jadi 5."

"Kan gak keliatan pak contekannya. Bapak gimana sih."

"Udah pokoknya kurangin satu."

"Bapak nih, dibilang gak nyontek. Gak keliatan pak."

"Kurangin satu."

"Jangan lah pak."

"Kurangin satu apa dua?"

"Enggak dikurangin lah, pak."

"Kalo kamu gak bisa diem, saya kurangin 2."

"Oke, pak. Satu aja."

Itu terjadi ketika gue lagi melaksanakan sebuah ulangan. Waktu itu, ketika gue melirik jawaban temen sebangku gue, guru gue itu melihat gue dan gue dituduh menyontek. Niatnya sih pengen nyontek tapi kalo jawabannya gak kesalin, namanya bukan nyontek.



Sedangkan temen sebangku gue yang dari tadi nyontek ke gue dan gak ketauan, malah ketawa kegirangan. Kampret tuh emang orang. Gak sadar diri. Mungkin ini karena emang gue lagi sial aja, jadinya ketauan.

***

Bagi para pelajar, nyontek bukan lagi hal yang tidak biasa. Tapi nyontek udah jadi kebiasaan. Bagi sebagian pelajar ketika sedang ulangan, rasanya kalo enggak nyontek itu pasti gimana gitu. Kayaknya bukan ulangan namanya kalo enggak nyontek. Iya kan?

Tapi menurut gue, nyontek adalah hal yang gak bagus bila dilakukan. Setelah ketauan kayak gitu, gue nyadar kalo gue berarti gak boleh nyontek lagi. Kenapa? KARENA KALO GUE NYONTEK LAGI, ENTAR NILAI ULANGAN GUE DIKURANGIN LAGI.

Jujur, setelah mengalami kejadian itu, gue jadi kapok buat nyontek. Tapi, kalo lagi kepepet banget nget nget, baru deh gue akan nyontek. Guru gue pernah bilang, "nyontek itu sama dengan korupsi. Kalo kamu gak mau gedenya nanti korupsi, jangan nyontek."

Setelah mendengar itu, gue jadi berfikir, berarti dulu Gayus Tambunan, Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh, dll. ketika dia pas sekolah terus ulangan, pasti rajin nyontek. Mungkin mereka semua pas sekolah berpegang teguh kalimat 'Bukan ulangan namanya kalo tidak nyontek'.

Karena gue masih kesel ketauan mau nyontek, gue disini mau kasih tau buat para guru, gue akan kasih tau dimanakah tempat yang biasanya buat ditaruh contekan. Biar elu semua yang suka nyontek, ketauan kayak gue. Hidup ini adil, sob! :)

Kolong Meja

Untuk bapak dan ibu guru yang baca ini, kalo mau adain ulangan, usahain cek dulu kolong meja karena beberapa pelajar menaruh contekannya itu di kolong meja. Kalo bisa, bapak dan ibu guru usahain kolong meja murid bersih. Gak ada satu pun benda biar mereka gak menyontek.

Tempat Pensil

Pak atau Bu Guru, kalo mau ulangan, mendingan tempat pensilnya ditaruh di meja guru aja dulu deh. Soalnya kadang-kadang pelajar suka naruh contekan di tempat pensil. Jadi, ada baiknya kalo mau ulangan, pelajar hanya membawa alat tulis yang diperlukan kayak pulpen, pensil, penghapus pulpen (Tip X) dan penghapus pensil.

Pulpen

Pelajar itu kreatif. Kadang-kadang walaupun tempat pensil udah disita, masih ada aja cara buat nyontek. Caranya dengan menaruh kertas kecil atau kertas yang digulung kecil ke dalam pulpen. Sebaiknya Bapak atau Ibu Guru yang mau mengadakan ulangan, pulpennya dari guru aja biar gak terjadi contek menyontek.

Jam Tangan

Seperti yang udah gue bilang, pelajar itu kreatif. DI jam tangan yang dia punya aja bisa dia taruh buat contekan. Kalo bisa buat Bapak dan Ibu Guru yang mau adain ulangan, sita dulu deh jam tangan muridnya untuk menghindari nyontek terjadi.

Tas

Cara nyontek di tas itu bisa aja tas ditaruh dibawah meja terus murid buka buku atau tas di taruh di atas meja terus murid buka buku dengan cara ditutupin sama tas. Nah, Bapak dan Ibu Guru, kalo mau ulangan tasnya ditaruh di depan kelas aja atau enggak di luar kelas biar muridnya gak ada yang nyontek.

Anggota Tubuh

Bapak dan Ibu Guru, kalo mau kasih ulangan, liat dulu anggota tubuh muridnya. Kadang-kadang pelajar nulis contekan itu di tangan atau di kaki. Liat dulu tangan sama kaki mereka, apakah ada contekan atau bersih. Kadang-kadang juga ada yang ditaruh di paha. Jadi, usahain liat pahanya dulu, bersih apa enggak. Kalo ada contekan di pahanya, langsung aja pukul pahanya. Kalo paha cewek, elus-elus aja sih menurut gue. #Eh

Mungkin ini aja. Buat kalian yang mau tambahin, silahkan karena ini sangat penting untuk Bapak dan Ibu Guru agar tahu dimanakah tempat yang biasanya buat ditaruh contekan. Kalo nyontek sama temen sebangku, untuk Bapak dan Ibu Guru usahain ulangannya bergantian dengan sebangkunya biar gak terjadi contek menyontek.

Nah, buat pelajar yang mau nyontek, mungkin guru lo udah ada yang baca ini. Jadi, hati-hati aja. Buat Bapak dan Ibu Guru yang mau ngasih ulangan, gue mau kasih saran terakhir agar murid gak bakal berani nyontek. Bikin sebuah sumpah yang isinya kalo nyontek akan mendapat dosa yang banyak, uang jajan sering hilang dan nilai ulangannya gak ada yang bagus.

Kalo sumpah itu gak berhasil, bikin aja sumpah pocong. Pasti murid gak berani nyontek kalo ada sumpah pocong. Kalo nyontek sama dengan mati. :D

Lagian juga apalah arti nilai yang bagus kalo didapat dengan cara yang gak baik. Lebih baik nilai jelek tapi dari hasil jujur daripada nilai bagus dari hasil curang (nyontek). Gak apa-apa nilai jelek tapi hasil dari kejujuran karena nilai di kertas belum tentu menentukan masa depan. Sekian.

53 comments:

  1. Lo masih mending dikurang satu. Dikampus gue, kalo ketawan nyontek nilai di nolkan dan gak bisa diubah.

    Semangat belajar lebih baik lagi ya :D

    ReplyDelete
  2. yaelah, kalo gitu mending pas ulangan gausah pake baju semua. kan enak jadi gak ribet guru gurunya, paling pada salah fokus :))

    ReplyDelete
  3. PAK MUSTOPA PAS PELAJARAN AGAMA WKWKWK:D Tempat yang aman sih di dalem sempak am :v

    Alwinja.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok namanya sama kayak guru agama saya waktu SD. Jangan-jangan kamu... kakak kelas! :D

      Delete
    2. @Alwin: Ngapain disebut-sebut kampret!! :D Bener win, bener banget. :D

      @Robby: Mungkin iya bener. Itu beneran nama guru agama gue. :D

      Delete
  4. Anak zaman sekarang kreatif :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kreatif-nya kebangetan. :D

      *tumben gak bawa-bawa link blog* wkwkwkwk

      Delete
  5. kalau di kampus gue langsung dapat E
    ulang semester depan
    haha

    ReplyDelete
  6. Ham, yang bikin gue bingung adalah anggota tubuh. Emangnya di mana narok contekan di anggota tubuh, misal di paha gitu. Paha lu penuh dengan contekan, terus lu angkat celana lu sampa ke paha, dengan bulu yang di mana-mana. "Apa-apaan, ini."

    Tapi, sebagai anak yg baik. Nyontek itu gak baik, ya. :)

    ReplyDelete
  7. Gua gak pernah nyontek dong. buat nyontek aja gak dibolehin, gimana mau nyontek.
    Btw, template baru nih yee, segerr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gak pernah nyontek. :D
      Yoi, segerr..

      Delete
  8. behahahahahhaha -_-
    niat banget hamm...

    itu kolong meja kalau bisa di sita aja sekalian. atau kolong mejanya dihilangin. atau nggak usah pakai kursi ama meja sekalian.
    terus kaki tangan dll disita aja kalau bisa. biar nggak nyontek.
    tas kalau bisa yang sediain guru deh. dibeliin yang baru gitu.
    nah sepatu. biasanya sering di sepatu juga ada. sepatunya ditahan aja.
    kalau bisa semua yang dibawa dan di pakai di hari ulangan disita aja -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, niat lah. :D

      Hahaha, bener juga nih. Sita aja semuanya kalo mau ulangan biar gak ada yang nyontek. :D

      Delete
  9. gue pernah tuh ketauan nyontek pas SMP,,
    buku yang disimpen dikolong meja langsung diambil sama guru,, padahal belum nyonteknya juga, baru ngintip doang tapi duuuh malunya gak nguatin diliatin orang sekelas, tapi untung siih di rapor nilainya tetep bagus, hahaha
    nah biasanya sih contekan ada yang ditaruh di hp, jadi catatan dibuku di foto gitu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, baguslah kalo gitu.

      Semoga guru lo baca ini. :)

      Delete
  10. Kalau teman sekelasku pada canggih2 nyontek pakek google. Kan habis magang selama 3 bulan nggak dapet pelajaran habis itu uas, daripada kosong

    Karena itu ada istilah legenda dikelas "biar google yang berkata". Btw salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha keren. Semoga guru lo baca ini. :)

      Salam kenal. :)

      Delete
  11. Jangan lupa di balik ikat pinggang. Ampuh sumpah, pengawas ga bakalan mungkin ngecek sampe kesitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pengawas baca ini biar ketauan. :)

      Delete
  12. Mudah-mudahan guru gue nggak baca postingan ini. Kalo guru gue sampe ada yang baca berarti gue harus menghentikan hobi nyontek gue selama ini. Tapi kalo nyontek ulangan sih gue nggak terlalu sering, gue seringnya nyontek PR. Btw salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja baca bro. :)

      Anjas, jarang nyontek ulangan. Salam kenal. :)

      Delete
  13. Wah HAHAHAHA.
    Makasih kak Ilham udah bikin post yg menyangkut daddy nya 71 :v =D
    Semoga lain kali kalo pelajaran dia, nyonteknya nggak ketauan =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA. Iya sama-sama. =D
      Aamiin. Makasih doanya dd wkwk. =D

      Delete
  14. Iya bener, bukan ulangan namanya kalo nggak nyontek HAHAHA

    Ah, udah mainstream, Ham, nyimpen contekan di situ. Kali-kali nyimpen contekan di sempak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Semoga guru lo baca ini dan meriksa sempak lo ketika mau ulangan. Amin. :D

      Delete
  15. Ane tambahin satu lagi broo,, Ane dulu suka sembunyiin contekan dalam rambut broo -,- karena di rambut ane jangankan contekan kost-kostan aja ga bakalan keliatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha rambut lo keren bro, beli dimana ya? :D

      Delete
  16. Saran buat bapak guru mending gak usah dibikin ujian deh, biar gak ada yang nyontek. Kalo kata Newton Faksi=F-reaksi. Makannya karena ada ujian jadi siswa juga pada nyontek. Coba deh saranin ke guru kamu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener. Oke, akan dicoba utk menyarankan ini. :D

      Delete
  17. Wkwkwk. Aku kalo nyontek itu dari temen doang. Temen yang liat buku, aku tinggal nyalin. Tapi sekarang udah mulai jarang nyontek. Takutnya entar keterusan. Trus, korupsi. Eaaaa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama aja kayak gue, tinggal nyalin. Keren lah bro. Teruskan itu broo. :D

      Delete
  18. Ini mau ulangan aja kok ribet banget sih. Belum tentu juga guru-guru itu juga nggak bakalan korupsi di kantor. Realistis aja deh. Hahahahaha. Namun bagaimanapun budaya mencontek emang susah dihilangkan. Sejeli-jelinya guru ngawasin, murid bakal punya seribu cara buat nyontek. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener-bener. Buset, ampe seribu wkwkwk. :D

      Delete
  19. Banyak hal yang terjadi saat gue nyontek maupun dicontekin :D

    ReplyDelete
  20. Itu ada yang kurang, cara lain nyontek adalah "Permisi ke WC". Gimana caranya?
    Jadi, murid udah nyiapin contekan di WC, entah di bagian mana gue pun kagak tau soalnya kagak pernah ngelakuin ini, tapi temen-temen gue sering, terus pas ulangan, setelah baca soal dan gak tau jawabannya apa, barulah dia izin ke WC dan disanalah dengan leluasa dia mencari jawaban sambil ... *jaringan hilang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada guru yang baca ini karena ini sering terjadi. :)

      Sambil apaan tuh? Hahaha :D

      Delete
  21. gue biasanya naruh contekan di rumah. iya, makanya gak ketahuan. *gue cerdas*

    ReplyDelete
  22. Soalnya sistem pendidikan di negara kita masih fokus banget di akademis.. Jadi susah jugak ya.. Padahal kan yang harus dibangun tuh EQ bukan IQ.. :(

    ReplyDelete
  23. Sudah, ulangan dulu sanah, ada contekan spesial tuh. :b

    ReplyDelete
  24. Gue salah satu orang yang percuma kalo buat contekan soalnya ketika ulangan gue nggak berani bukanya. -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti iman lo kuat untuk tidak mencontek. :)

      Delete
  25. Bukan gmw nyontek. Tapi gak bisa nyontek. Bawannya deg2an

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)