Satnight ILHM eps. 42: Hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat Tarawih


Hai. Assalamu'alaikum. Selamat malam, guys. Dalam Satnight ILHM kali ini, gue akan kasih tau kalian Hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat Tarawih. Sebelum itu, gue mau ucapin selamat puasa bagi yang menjalankan.

Karena sudah puasa, gue gak nulis gini lagi: Mohon maafin semua kesalahan gue ya. Selamat puasa. Btw, sekarang udah bulan Juli aja ya. Semoga bulan ini lebih baik dari bulan kemarin. Akhir-akhir ini, gue lagi sibuk dengan anniversary blog ini. Jadi, gak sempet ngucapin selamat puasa, selamat bulan baru, dan lain-lain.

Oke, silahkan baca Satnight ILHM eps. 42: Hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat Tarawih. Cekibrot!!

1. Buka Puasa

Gue yakin, pasti lo sebelum Shalat Tarawih buka puasa dulu kan? Intinya batalin puasa dulu kan? Nah, hal yang pertama dilakukan sebelum Shalat Tarawih adalah buka puasa. Kalo gak buka puasa dulu, efeknya perut akan sering berbunyi ketika sedang Shalat.

2. Pakai Baju

Gue yakin pasti ini yang lo lakuin sebelum Shalat Tarawih. Pakai Baju. Mana mungkin lo ke Masjid telanjang? Gak mungkin kan? Kalo yang telanjang laki-laki sih masih mending. Kalo cewek? Intinya sih yang kedua ini, yang gue maksud adalah pakai baju yang rapih kayak baju koko atau apalah. Pokoknya rapih.

3. Wudhu

Sebelum Shalat pasti melakukan wudhu. Nah, salah satu hal yang dilakukan sebelum Shalat Tarawih adalah berwudhu. Kalo lo gak wudhu, gak sah. Bila tidak ada air, tidak wudhu dengan air tidak apa-apa. Pake debu juga bisa (Tayamum).

4. Berdoa Supaya Imam Shalat Tarawihnya Cepet

Hal ini yang sering dilakukan sama gue dan temen-temen gue. Berdoa supaya imamnya cepet. Gak lama. Waktu itu, di masjid rumah gue, imamnya cepet banget. Mulai Shalat Tarawih sekitar jam setengah 8. Jam 8 lewat 5 menit udah 20 rakaat. Cepet kan? Nah, imam seperti itu yang gue inginkan. Gak lama. Tapi, kalo imamnya cepet, gue kasian sama nenek-nenek yang ikut tarawih. Takutnya karena keceptan nenek-neneknya capek. Kasian kan.

Nah itu aja yang gue kasih tau. Gak usah banyak-banyak. Nanti takut kalian tau apa aja yang gue lakukan sebelum Shalat Tarawih. Kalian termasuk yang mana dari keempat di atas? Atau malah ada hal lain? Silahkan share di comment box postingan ini.

Oke, ini aja. Semoga puasa gue dan kamu. Iyaa, kamuu.. Full satu bulan penuh. Aamiin.

Sekian. Salam PCBG \o/

24 comments:

  1. ini hal-hal yg mainstream abis. :D

    ReplyDelete
  2. apa2an do'a biar taraweh cepet..
    boleh dicoba tuh :v

    ReplyDelete
  3. HAHAHAHAHAHA, poin terakhir selalu timbul ketika gue solat tarawih. Yang tadinya gue shalat biasa 20 rakaat, ketika imamnya bacaan lama. Gue jadi shalat 8 rakaat deh. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, sering bgt terjadi di Masjid dkt rumah gue. :D

      Delete
  4. jangan lupa sebelum sholat tarawih itu kita sholat isya dulu hahaha kalo berdoa supaya imam cepet baca suratnya mah emang pasti XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bener. Sholat isya dulu.
      Pasti ya? :D

      Delete
  5. hahaha terutama pake baju itu wajib banget emang. kalo semua ga pake baju bisa-bisa yang cowok bawahnya ada yang 'nunjuk'... astaghfirullah

    kalo boleh gue nambahin yaa, jangan pake sandal yang bagus-bagus amat. karena ntar bisa jadi korban kehilangan sandal pas pulang tarawih wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah.. Bener juga sih. :D

      Hahaha, makasih tambahannya. :D

      Delete
  6. meskipun gue ngga berdoa biar imam trawehnya cepet, tapi gue udah bisa ngerasainnya.. bener2 daah, sampe2 dari RT laen pun tergiur buat sholat di mushola yang ada di RT gue2, gara2 terkenal cepet banget kalo traweh :D

    kalo bisa sebelum traweh jangan makan banyak2 deh.. liat tuh kalo orang yang kekenyangan, pas sholat selalu sendawa terus.. ganggu konsentrasi orang sholat aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. RT-nya dmna? Kesana ah, biar sholatnya cepet. :D Astaghfirullah.

      Yups. Apalagi kalo disetiap rakaat sendawa terus. :D

      Delete
  7. Oh syit pake baju -__- yakali lu terawih telanjang..

    ReplyDelete
  8. Wahh, gue udah lakuin semuanya tuh... Lumayan lahh sejauh ini lancar.
    Tapi kadang, aku agak susah mengikuti Imam yang tarawihnya cepet. Bacaannya jadi nggak fokus juga. Hehe
    Tapi gapapa sih, buat seru-seruan. Emang biasanya imam shalat tarawih kan cepet banget. kayak lagi dikejar apaaa gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. :)
      Ya, kadang begitu, gak fokus. :D
      Yups. :)

      Delete
  9. Hahaha iyalah ini bener semua. Satu sampai tiga bener banget. Yakali masa terawih pake baju gembel-_- tapi kalo cewek sih baju tidur juga nggak papa. Kan ketutup mukena =))

    Kalo berdoa biar imamnya cepet, aku nggak perlu repot-repot. Karena imam di masjid tempat aku sholat super ngebut. Kadang lagi tahiyat juga baru sepotong beliau udah salam. Mungkin beliau mantan calon pengemudi fast furious :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar. :D

      Wah, enak dong. :D Haha, mantan calon pengemudi fast furious. :D

      Delete
  10. yaiyalah buka buasa bang -_-. apalagi pakai baju, mau bugil lo sholat? udah nggak sah buat diri lo, juga bakal bikin nggak sah orang lain karena nggak fokus karena itu :D...btw polo balik dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Gak fokus karena itu maksudnya apa ya? :D

      Delete
  11. Halo-hai, Mas! Selamat anda dapat liebster award dari saya, wkwkwk *kek apaan aja.
    Walaupun bukan "apa-apa", tapi semoga menyenangkan ya. Silakan buka: http://interleaved.blogspot.com/2014/07/the-liebster-award-2.html#more Tengs!

    ReplyDelete

Buat kalian yang mau komentar, silahkan saja, mau panjang apa pendek. Kalo lo mau komentar pake anonymous, harap jangan spam. Kasian sama yang lain.

Dan yang terpenting adalah jangan jualan di kotak komentar blog gue, terutama jualan yang gak penting kayak alat vital atau video bokep. Lebih baik elu tulis link blog lo daripada jualan.

Komentar kalian sangat gue butuhkan. So, komen aja yaa. Terima kasih. :)